Orang tua tentu ingin bayinya lahir dengan kondisi sehat. Sayangnya, seringkali terjadi berbagai kondisi yang mengakibatkan bayi lahir pada waktu yang terlalu dini atau pun mengalami gangguan kesehatan lainnya. Saat hal ini terjadi, maka bayi harus dirawat secara intensif di ruangan khusus yang disebut NICU atau Neonatal Intensive Care Unit (NICU). Salah satu rumah sakit di Bekasi yang menyediakan fasilitas ini adalah RS Omni Pekayon.

Kondisi kesehatan yang memungkinkan bayi untuk dirawat pada ruang NICU diantaranya yaitu berat badan rendah, bayi prematur, mengalami masalah pada persalinan, leher terlilit tali pusar, mengalami gangguan pernapasan, atau masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, memilih rumah sakit yang menyediakan fasilitas NICU perlu untuk dipertimbangkan pada saat akan melahirkan.

Inilah 5 Rumah Sakit dengan Fasilitas NICU untuk Bayi di Bekasi

  1. OMNI Hospitals Pekayon

RS Omni Pekayon terletak di Jalan Ribung Nomor 1, Pekayon Jawa, Kecamatan Bekasi Selatan, Bekasi, Jawa Barat, 17148. Rumah sakit ini memberikan tarif sebesar Rp810.000,- per kamar per malam. Tarif ini belum termasuk biaya konsultasi dengan dokter, obat-obatan, serta pemakaian alat-alat kesehatan. Saat ini, OMNI Hospitals Pekayon belum dapat menerima pasien yang menggunakan kartu BPJS Kesehatan. Sementara itu, OMNI Hospitals Pekayon ini bisa dihubungi melalui nomor telepon (021) 29779999.

  1. RS Sentosa Siloam Bekasi

Rumah sakit yang berlokasi di Jalan Pahlawan Nomor 60, Duren Jaya, Bekasi, Jawa Barat ini memberikan tarif sebesar Rp600.000,- per kamar per malam untuk pasien NICU. Biaya tersebut belum termasuk pembayaran konsultasi dokter, pemakaian alat, serta pembelian obat-obatan. Kelebihan yang ditawarkan oleh RS Sentosa Siloam Bekasi ini adalah menerima pasien BPJS Kesehatan.

  1. RS Hermina Kota Bekasi

RS Hermina Kota Bekasi memasang tarif sebesar Rp970.000,- per kamar per malam untuk pasien bayi yang menggunakan fasilitas NICU. Tarif tersebut belum termasuk biaya obat-obatan, konsultasi dengan dokter, serta pemakaian alat kesehatan. Tarif tersebut belum termasuk biaya untuk pemakaian alat, obat-obatan, serta konsultasi dokter. Untuk pasien BPJS Kesehatan, wajib mempunyai rujukan dari rumah sakit sebelumnya. Rumah sakit ini berlokasi di Jalan Kemakmuran Nomor 39, Margajaya, Bekasi Selatan, Bekasi, Jawa Barat.

  1. RS Mitra Keluarga Bekasi

Rumah sakit yang terletak di Jalan Pengasinan, Rawa Semut, Margahayu, Bekasi Timur ini memberikan tarif sebesar Rp850.000,- per kamar per malam untuk fasilitas NICU. Namun, tarif yang ditawarkan juga belum termasuk biaya layanan lainnya, seperti konsultasi dokter, pemakaian alat, atau pembelian obat-obatan. Keseluruhan biaya perawatan di ruang NICU bisa mencapai Rp8.500.000,- sampai Rp10.000.000,- per hari. Namun, tidak perlu khawatir karena RS Mitra Keluarga Bekasi siap melayani pasien yang ditanggung oleh BPJS.

  1. RS Awal Bros Bekasi

Rumah sakit yang lokasinya berada di Jalan KH. Noer Ali Kav. 17 – 18, Bekasi Selatan ini memberikan tarif sebesar Rp975.000,- per malam per kamar untuk pasien NICU. Biaya ini belum termasuk tarif obat-obatan, dokter, serta pemasangan alat. Namun, tenang saja karena di rumah sakit ini bisa menerima pasien yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Untuk informasi bisa menghubungi nomor (021) 8868888.

Selain harus mempertimbangkan pemilihan rumah sakit untuk persalinan, orang tua juga perlu berkonsultasi terkait perkembangan janin yang ada di kandungannya. Selain wajib cek rutin ke bidan atau dokter, ibu yang sedang mengandung juga bisa konsultasi secara online menggunakan aplikasi Halodoc. Aplikasi layanan kesehatan ini bekerjasama dengan puluhan dokter yang siap memberikan layanan konsultasi secara mudah melalui fitur chat.

Dengan adanya aplikasi Halodoc, maka para ibu hamil bisa konsultasi apa saja tentang kondisi kehamilannya dengan para dokter yang profesional. Tentu saja, bukan hanya konsultasi terkait kehamilan saja. Masalah kesehatan lainnya pun bisa dikonsultasikan. Bahkan, pengguna aplikasi juga bisa membuat janji bertemu dengan dokter di rumah sakit. Misalnya buat janji dengan dokter untuk pemeriksaan di RS Omni Pekayon Bekasi.