Siapa yang tidak mengenal kopi? Minuman dengan kandungan kafein ini memiliki banyak penggemar. Beberapa orang meminumnya sebagai teman bekerja atau menyelesaikan tugas. Akan tetapi, bagi sebagian orang yang lain, kopi dijadikan minuman pelengkap ketika sedang berbincang dengan teman dan kerabat. Di Indonesia, ada banyak sekali jenis kopi yang bisa dinikmati. Salah satunya adalah kopi Klotok. Apa itu Kopi Klotok? Dimana aja yang menyediakan kopi tersebut. Nah, daripada penasaran, lebih baik baca dulu penjelasan di bawah ini.

Kopi Klotok merupakan salah satu kuliner terkenal yang bisa kamu temukan di Yogyakarta. Tentu saja ada ciri khas yang dimiliki oleh Kopi Klotok. Penamaannya sebagai kopi Klotok didasari oleh suara yang dihasilkan ketika kopi diseduh. Hal unik itu terjadi ketika arang panas yang dicelupkan dalam kopi akan menimbulkan suara klotok… klotok… klotok karena memiliki suhu yang sangat panas.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Bubuk kopi direbus bersama dengan air hingga mendidih. Setelah itu, masukkan kopi yang sudah direbus ke dalam secangkir gelas. Kalau kamu suka meminum kopi manis, tidak ada salahnya untuk menambahkan gula terlebih dahulu. Setelah gelas terisi dengan air kopi, kamu bisa meletakkan arang yang sudah terbakar ke dalamnya. Beberapa orang mengatakan, kopi klotok memiliki khasiat yang cukup bermanfaat untuk tubuh karena proses pembuatannya yang demikian.

Beberapa orang juga mengatakan bahwa kopi klotok bisa dikatakan mirip dengan kopi turki. Perbedaannya terletak pada peralatan yang dipakai. Kopi klotok membutuhkan tungku arang untuk penyajian, sementara kopi turki menggunakan kompor pasir atau kompor api biasa. Bagi sebagian orang, kopi klotok terasa jauh lebih nikmat karena suhu panas yang benar-benar tinggi. Suhu panas tersebut membuat aroma kopi menjadi lebih harum sehingga lebih nikmat ketika diminum.

Seperti yang telah dikatakan, salah satu kota di Indonesia yang terkenal atas kopi klotok yang nikmat adalah Yogyakarta. Ketika kamu memutuskan untuk melancong ke kota pelajar itu, tidak ada salahnya untuk mampir sebentar di warung-warung yang ada di sekitar Stasiun Tugu Yogyakarta dan di sepanjang Jalan Malioboro. Sambil menikmati suasana Kota Yogyakarta yang nyaman, kamu bisa meminum secangkir kopi klotok bersama dengan kudapan yang lain, mulai dari gorengan hingga nasi kucing.

Akan tetapi, jika kamu memiliki banyak waktu luang di Yogyakarta, tidak ada salahnya untuk mencicipi kopi klotok yang dijual di Warung Kopi Klotok. Warung ini terletak di kaki Gunung Merapi, tepatnya di Jalan Kaliurang KM 16, Pakem, Sleman. Selain bisa menikmati kopi klotok, hal unik lain yang ditawarkan oleh warung kopi ini adalah suasana pedesaan yang sejuk dan nyaman. Kamu bisa menikmati suasana sore Kota Yogyakarta dengan menyenangkan.

Tips Menghindari Antrean

Tempat yang bagus, tentu saja memiliki banyak peminat. Hal yang sama juga dialami oleh Warung Kopi Klotok. Warung ini hampir tidak pernah kehilangan pelanggan. Selalu ada pendatang yang penasaran untuk mencoba kenikmatan Kopi Klotok dan gorengan yang tersedia di sana. Nah, supaya kamu tidak terlalu lama mengantre, ada baiknya untuk mengikuti tips berikut. Lumayan kan kalau bisa menghemat waktu menunggu?

Warung Kopi Klotok memiliki jam operasional yang cukup lama, yaitu dari pukul 7 pagi hingga 10 malam. Namun, lamanya waktu operasional tersebut bukan menjadi indikator bahwa kamu bisa bebas datang kapan saja. Seperti yang telah dikatakan, Warung Kopi Klotok selalu ramai dikunjungi. Untuk menghindari antrean yang mengular, kamu bisa datang lebih awal agar bisa lebih cepat dilayani. Kamu bisa datang 30 menit lebih awal dari jam buka. Tak perlu khawatir, meski pegawai belum memberikan pelayanan, kamu bisa duduk menunggu di kursi yang telah disediakan.

Selain datang lebih awal, kamu juga bisa datang ke Warung Kopi Klotok ketika sedang hari kerja. Hari libur akan menimbulkan tumpukan pelanggan. Kalau datang ketika hari kerja, Warung Kopi Klotok akan lebih sepi. Selain itu, pastikan juga untuk tidak datang sendirian. Kamu bisa mengajak teman atau kerabat. Ketika kamu memesan makanan, teman atau kerabatmu bisa mencari tempat duduk supaya tidak didahului oleh orang lain. (Sumber : www.superadventure.co.id). Baca juga informasi lainnya seperti Kurangi risiko kanker hati dengan whole grain.