Cara Mengatasi Insomnia Karena Gadget

  • Whatsapp
cara mengatasi insomnia

Insomnia merupakan kondisi ketika mengalami gangguan susah tidur sehingga akan dapat untuk mengganggu jam tidur dan dampaknya akan mempunyai tidur yang tidak berkualitas. Penyebab insomnia sangat beragam seperti karena stress, banyak pekerjaan, dan juga kebiasaan yang menyebabkan susah tidur seperti bermain gadget. Penyebab yang terakhir yaitu bermain gadget hingga melebihi jam tidur merupakan salah satu hal yang paling umum menjadi penyebab insomnia di jaman sekarang. Hal ini bisa terjadi tidak hanya pada orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak yang sudah mulai kecanduan gadget. Bagi yang mengalami masalah tidur karena gadget, di bawah ini merupakan beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa dicoba:

  • Mematikan gadget

Tips pertama untuk mengatasi insomnia karena gadget adalah dengan mematikan gadget. Hal ini bisa dilakukan apabila Anda tidak bisa mengontrol diri untuk melihat smartphone atau gadget lainnya dan telah pada tahap nomophobia. Sehingga salah satu cara ampuh untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mematikan gadget sebelum tidur. Hal ini akan membantu agar Anda tidak selalu mengecek dan berusaha untuk selalu melihat layar gadget.

  • Set alarm untuk berhenti bermain gadget

Cara mengatasi insomnia selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur alarm sebelum tidur. Selain mengatur alarm untuk membangunkan tidur, Anda juga alarm yang bisa diatur untuk berhenti bermain gadget. Bahkan juga di aplikasi tertentu ada alarm yang bisa dipasang untuk dapat mengingatkan menutup aplikasi yang sedang dibuka tersebut. Sehingga hal tersebut akan membantu Anda untuk tidak lupa waktu ketika bermain gadget. Setelah mengatur alarm untuk mengingatkan berhenti bermain gadget saat jam tidur, pastikan juga tidak mengabaikan alarm tersebut. Hal tersebut akan membantu agar dapat memperbaiki jam tidur dan juga bisa mengatur agar tidak kebablasan ketika bermain gadget hingga melewati jam tidur.

  • Jangan pegang gadget sebelum tidur

Hal lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari memegang gadget sebelum jam tidur. Pastikan Anda beberapa jam sebelumnya sudah tidak memegang gadget. Misalnya bagi yang biasa tidur jam 10 malam, maka jangan memegang gadget saat sudah jam 9. Karena apabila sudah bermain gadget biasanya akan menjadi lupa dan membuat kecanduan sukar untuk berhenti. Oleh karena itulah usahakan untuk tidak memegang gadget sebelum jam tidur. Cari kebiasaan lain yang dapat untuk membuat Anda tidak perlu memegang gadget sebelum tidur. Seperti menulis, membaca, menggambar, dan juga kebiasaan baik lainnya yang dapat membuat tidur lebih cepat.

  • Matikan notifikasi

Tips terakhir setelah jam tidur tiba adalah dengan cukup mematikan notifikasi yang masuk. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan seperti dengan mengatur posisi handphone dalam posisi diam dan juga tidak bergetar yang akan menarik perhatian. Cara lainnya juga bisa dengan mematikan paket data atau wifi sehingga tidak ada sambungan internet yang dapat membuat notifikasi masuk. Terakhir, set smartphone dalam airplane mode yang akan membantu untuk mencegah berbagai notifikasi masuk.

Cara mengatasi insomnia di atas akan lebih efektif apabila dibantu dengan minuman yang dapat membuat tidur lebih nyenyak dan mengatasi masalah susah tidur. Karena biasanya hal yang membuat tetap tidur walaupun tidak bermain gadget adalah karena susah tidur. Oleh karena itulah maksimalkan langkah di atas dengan mengonsumsi Balance Madia Good Night dari Herbana. Produk ini mempunyai kandungan jahe, pala, passion flower, dan tapak liman yang bermanfaat untuk meringankan gejala susah tidur yang dialami.

Related posts