Hal-hal yang Harus Diperhatikan Pemula Saat Sewa Apartemen

  • Whatsapp
Hal-hal yang Harus Diperhatikan Pemula Saat Sewa Apartemen

Tinggal di Apartemen menjadi lifestyle tersendiri bagi masyarkaat modern. Bukan berarti ingin hidup mewah dan individualis, tapi apartemen mampu menjamin tingkat keamanan yang baik kepada penghuninya. Apartemen kini menjadi pilihan tempat tinggal bagi yang sering mobilitas di area perkotaan. Tapi bagi pemula, tinggal di Apartemen tidak semudah hidup di rumah biasa. Ada hal-hal yang harus Anda perhatikan saat sewa apartemen.

Setiap pengelola apartemen memiliki aturan masing-masing bagi para penghuninya, misalnya apartemen syariah yang sebagian besar penghuninya adalah perempuan. Anda harus sadar bahwa apartemen syariah tidak memperbolehkan masuk tamu laki-laki ke unit pribadi. Sewa apartemen terdekat bukan hanya persoalan kebutuhan, tapi kesadaran kita untuk merawat dan menjaga tatakrama yang ada. Berikut tips seputar apartemen bagi pemula yang bisa Anda memandu Anda sebelum bertempat tinggal.

Perhatikan aturan pemilik unit dan pengelola

Perlu Anda ketahui bahwa pemilik unit apartemen dengan pengelola apartemen adalah pihak yang berbeda. Keduanya mungkin menetapkan aturan bagi penyewa unit. Misalnya ada apartemen yang dimiliki oleh seseorang, kemudian si pemilik unit menata apartemen dengan sedemikian rupa sehingga penyewa apartemen nantinya hanya tinggal dan membawa barang pribadi. Biasanya pemilik unit apartemen yang sudah menata tidak mengizinkan penghuni untuk mengganti warna cat dan mengganti furnitur.

Tidak semua pengelola apartemen bijak dalam mengelola gedung, bahkan beberapa apartemen sering menjadi saksi bisu kejadian yang tidak menyenangkan. Ada pula apartemen yang sering dituntut oleh pemebeli unit karena persoalan kepemilikan. Nah, Anda harus melakukan riset mendalam tentang riwayat pengembang apartemen lewat berita-berita online atau ke kantor hukum.

Pilih yang sesuai dengan budget Anda

Harga apartemen di Indonesia tidak jauh berbeda dengan harga rumah. Maka dari itu Anda harus benar-benar jeli dan yakin ‘mengapa saya memilih sewa apartemen dibandingkan mengontrak rumah?’. Pertimbangkan kebutuhan bulanan seperti maintenance, biaya parkir kendaraan, iuran sampah, listrik, dll. Apartemen jauh berbeda dengan tinggal di rumah, jika perlu perbaikan ledeng atau listrik Anda juga harus melapor ke pengembang dan biasanya mereka memiliki teknisi sendiri untuk memperbaiki itu. Anda harus riset berapa budget yang harus dikeluarkan untuk biaya perbaikan, menerima paket, dan uang bonus (tip) untuk karyawan yang melayani. Sewa apartemen bukan sekedar sanggup membayar uang bulanan kepada pemilik unit, tapi juga hal-hal lain diluar sewa yang biasanya tidak terduga.

Bersihkan apartemen sebelum dihuni

Meski selalu ada yang bertugas, bukan berarti staff selalu ada mengecek ruangan yang kosong. Staf housekeeping akan membersihkan ruangan jika diperlukan oleh pemilik unit atau penyewa apartemen. Terkadang penghuni apartemen yang sebelumnya meninggalkan ruangan dalam keadaan kotor, sehingga menimbulkan kuman dan bakteri. Maka dari itu jangan buru-buru membawa barang ke apartemen sebelum mengetahui kondisi kebersihan ruangan.

Pastikan air di dalam apartemen bersih

Apartemen yang lama tidak dihuni biasanya meninggalkan debu dan kotoran hingga ke celah-celah saluran air. Maka dari itu Anda harus memastikan bahwa air benar-banar layak digunakan sebelum Anda tinggal. Caranya dengan mengalirkan air selama 10-15 menit dan tunggu hingga air terlihat jernih. Jika terlihat masih kotor, segera lapor kepada pengembang agar petugas yang membersihkannya.

Siapkan kunci yang tidak bisa orang lain miliki

Anda harus memiliki kunci sendiri yang mungkin hanya Anda yang bisa mengakses. Kalau perlu, ganti bonggol pintu yang berteknologi fingerprint agar hanya Anda dan orang yang dipercaya untuk mengakses apartemen. Sebelum mengganti bonggol pintu, pastikan Anda mengetahui aturan tentang mengganti pintu apartemen agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Siapkan handuk dan sprei ekstra

Biasanya sangat mudah bagi Anda saat tinggal dirumah, karena sudah ada sprei dan handuk dalam jumlah yang banyak. Tapi Anda juga harus menyesuaikan dengan tempat tinggal yang sekarang Anda tempati. Simpan banyak handuk, selimut dan sprei agar Anda tetap bisa mencuci sprei sementara Anda tetap bisa tidur di kasur lebih nyaman.

Siapkan makanan cadangan

Entah itu sayur/ buah segar, atau makanan berpengawet. Tapi jika Anda tinggal di apartemen alangkah lebih baik memasak semuanya sendiri. Karena gizi adalah hal yang paling penting untuk tubuh kita, sementara fasilitas apartemen yang lengkap dengan kopor dan kulkas harus dimanfaatkan secara maksimal agar Anda tetap bertahan hidup. Jika belum mahir memasak, tak ada salahnya belajar dari video tutorial atau situs-situs yang membagikan cara memasak.

Maksimalkan fasilitas yang ada

Anda tentunya sudah tahu betapa mahalnya tagihan member gym diluar sana dengan yang ada di apartemen. Jika Anda memiliki kesempatan untuk menghabiskan waktu di ruang gym, alangkah baiknya Anda memanfaatkan fasilitas tersebut. Tidak semua orang beruntung menikmati kolam renang dan gym setiap hari, sementara Anda yang sudah membayar bulanan untuk menikmati bonus tersebut jangan disia-siakan. Atur waktu berolahraga dengan tepat dan imbangi dengan aktifitas Anda yang lain, niscaya kesehatan tubuh mulai meningkat.

Jangan ragu bergaul dengan karyawan

Karyawan yang bertugas juga manusia, maka dari itu tak ada salahnya mengobrol sekali-kali dengan staf yang bertugas. Usahakan jangan ganggu waktu mereka bekerja, ajaklah bicara saat mereka beristirahat. Selama Anda mempercayai mereka, kemungkinan besar mereka akan segan. Artinya mereka mungkin tak akan keberatan untuk menjaga unit apartemen sewaan, tugas yang mereka laksanakan jauh lebih menggunakan niat yang positif jika Anda mempercayakan mereka seperti teman.

Related posts