Ini Dia Jenis-jenis Penyakit Jantung yang Wajib Kamu Ketahui dan Dokter Jantung di SehatQ.com

  • Whatsapp
Penyakit Jantung

Jenis penyakit jantung memiliki banyak macam. Biasanya penyakit jantung ini pada umumnya merujuk kepada gangguan dan kelainan yang ada pada jantung. Istilah yang lebih familiar mungkin penyakit kardiovaskular, yang merujuk pada gangguan di pembuluh darah dan sistem sirkulasi darah, termasuk organ jantung.

Penyakit jantung umumnya muncul sebagai akibat dari adanya kerusakan pada satu bagian atau keseluruhan jantung, kerusakan pada arteri koroner, atau kerusakan karena kekurangan suplai oksigen serta nutrisi ke organ jantung.

Jenis-jenis penyakit jantung

Ini dia Jenis Penyakit jantung yang angka kejadiannya yang cukuo sering terjadi, sebagai berikut : dan kamu juga bisa konsultasi dengan dokter jantung di aplikasi atau website sehatq.com.

Aritmia

gangguan pada jantung yang berupa denyut dengan tempo tidak normal disebut dengan Aritmia. Pengidap aritmia bisa mengalami denyut jantung yang terlalu cepat, yang disebut takikardia, maupun terlalu lambat, yang disebut bradikardia. Gejala yang dialami akan tergantung jenis aritmia yang terjadi.

Secara umum, gejala aritmia bisa meliputi rasa melayang dan ringan di kepala, jantung berdebar-debar atau berdetak cepat, denyut nadi yang lambat, pingsan, pusing, dan sakit dada.

Penyebab aritmia bisa bermacam-macam. Mulai dari penyakit tertentu (seperti tekanan darah tinggi, diabetes, gangguan arteri jantung), kelainan jantung, hingga kerusakan jantung. Penggunaan obat-obatan tertentu, suplemen, atau obat herbal juga bisa jadi penyebab aritmia.

Kadangkala, kecemasan, stres berat, atau konsumsi alkohol dan kafein yang berlebihan pun akan menimbulkan gejala denyut jantung yang tak teratur ini.

Aterosklerosis

penumpukan plak pada dinding arteri, yang akan memicu penyempitan dan penebalan pembuluh darah tersebut  disebut dengan Aterosklerosis. Yang mengakibatkan, macam penyakit jantung ini akan mengurangi suplai darah ke semua organ tubuh.

Adapun sakit dada dan nafas pendek, gejala dari aterosklerosis ini meliputi rasa dingin yang ada pada telapak kaki dan juga telapak tangan. Dan juga bisa saja timbul kesemutan dan sensasi kebas pada kaki dan juga tangan penderitanya.

Kelainan jantung bawaan

Kelainan jantung bawaan terbentuk sejak penderita berkembang dalam kandungan sang ibu. Kelainan ini bisa tidak terdiagnosis selama bertahun-tahun sampai menimbulkan gejala. Namun jenis penyakit jantung ini bisa juga terdeteksi secara dini dan ditangani secepat mungkin setelah kelahiran.

Beberapa gejala yang menandakan adanya penyakit jantung bawaan meliputi kulit kebiruan (akibat kekurangan oksigen), pembengkakan pada tangan dan kaki, sesak napas, lelah dan tidak berenergi, serta denyut jantung yang tak beraturan. pemn

Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner terjadi akibat penumpukan plak di dinding pembuluh darah arteri. mengalirkan darah kaya oksigen ke jantung serta paru-paru berfungsi pembuluh darah ini. Pada saat mengalami penyakit jantung koroner ini, kamu bisa merasakan gejala contohnya sesak nafas, sakit dada, mual dan bisa juga kembung.

Mengingat indikasi dari jenis penyakit jantung ini sangat umum dan cenderung mirip dengan gangguan kesehatan lain, kamu dihimbau untuk senantiasa berkonsultasi dengan dokter ketika ada gejala yang mencurigakan. Sekecil apapun gejalanya, sebaiknya jangan diremehkan.

Kardiomiopati

jenis penyakit jantung yang muncul akibat kelainan pada otot jantung atau miokardium disebut dengan Kardiomiopati. Penyakit jantung kardiomiopati ini bisa menyebabkan otot jantung menebal, membesar, dan menjadi melemah atau kaku. Sehingga kerja jantung menjadi tidak optimal dan menimbulkan gejala.

Ketika mengalami kardiomiopati, penderita bisa merasakan gejala-gejala yang terdiri dari kelelahan, pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki, sesak napas, jantung berdetak kencang, atau denyut nadi menjadi cepat.

Itulah informasi tentang Ini Dia Jenis-jenis penyakit jantung yang Wajib Kamu Ketahui dan Dokter Jantung di Sehatq.com  dan semoga bermanfaat buat semuanya.

Related posts