Jangan Panik Hadapi Corona, Ini Dia Tips Upaya Pencegahan yang Bisa Anda Lakukan

  • Whatsapp
Jangan Panik Hadapi Corona

Virus corona hingga saat ini masih menjadi pandemi dunia dengan total kasus lebih dari 900.000. Bukan virus influenza biasa, covid19 hingga kini telah menjadi penyebab kematian 50.000 jiwa lebih dan bisa semakin bertambah karena kasus-kasus yang juga masih bertambah di berbagai negara termasuk di Indonesia. di Indonesia sendiri, hingga kini sudah tercatat sebanyak 2.000 kasus lebih positif covid19 dengan jumlah kematian 190 orang. Angka kematian di Indonesia menjadi tertinggi kedua di dunia setelah Italia. Kondisi ini membuat khawatir bahkan ketakutan di kalangan masyarakat hingga membentuk opini dan persepsi yang berlebihan seputar covid19.

Covid19 sebenarnya merupakan sebuah virus yang bisa menulari seseorang jika ada sumber penularannya. Tak seperti kanker yang bisa muncul dengan sendirinya covid19 memerlukan orang positif covid19 untuk menularkan pada orang lain melalui dropletnya. Seharusnya hal ini membuat covid19 lebih mudah diatasi dibandingkan kanker dengan cara mengurangi mereka yang positif atau mengisolasi orang positif covdi19 agar tidak menularkannya pada orang lain. Sayangnya hingga saat ini, orang dengan covid19 tak semuanya sudah terdeteksi terutama mereka yang hanya sebagai carrier atau tanpa gejala. Karena itu upaya pencegahan pun belum bisa dilakukan dengan maksimal. Namun jangan panik, karena ada upaya lain yang bisa Anda lakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid19.

Berikut ini adalah beberapa anjuran baik dari pemerintah dan tenaga kesehatan yang bisa Anda praktekkan untuk membantu mengurangi resiko terinfeksi corona:

  • Tidak keluar rumah.

Lakukan semua hal dari rumah saja sehingga Anda meminimalisir bertemu orang yang bisa jadi adalah carrier atau bahkan pasien positif.

  • Sosial distancing.

Tidak berkerumun atau berada di tempat yang ramai. Hindari juga membuat keramaian misalnya mengadakan resepsi dan sebagainya. Beribadah dari rumah dan hindari pergi ke tempat umum atau menggunakan transportasi umum jika tidak perlu.

  • Jaga jarak.

Jika Anda harus keluar rumah, jangan lupa untuk menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter. Jangan saling bersentuhan jika tidak perlu karena Anda tahu pasti apakah yang ada di sekitar Anda carrier covid19 atau tidak.

  • Gunakan masker.

Saat ini pemerintah telah mewajibkan semua orang menggunakan masker di luar rumah sehingga siapkan masker Anda dan gunakan setiap kali harus pergi keluar. Jangan lupa masker kain setelah pakai harus dicuci bersih dengan deterjen.

  • Sering cuci tangan.

Droplet bukan hanya bisa terhirup langsung namun bisa juga menempel pada permukaan benda mati dan masih aktif hingga menempel pada tangan dan masuk ke mulut, hidung atau mata. Untuk mencegahnya, seringlah cuci tangan terutama saat Anda berada di luar rumah dan menyentuh benda asing.

  • Memperkuat kekebalan tubuh.

Covid19 sama seperti virus pada umumnya yang dapat dikalahkan oleh tubuh melalui sistem imunnya. Jika Anda memiliki sistem imun yang kuat covid19 dapat mati dengan sendirinya di dalam tubuh.

Peran serta aktif masyarakat menjadi salah satu faktor yang dibutuhkan untuk memenangkan peperangan dengan corona. Jangan mudah panik atau takut, karena hal tersebut justru akan membuat Anda stres dan mengurangi sistem imun. Lalu apa cara yang tepat untuk memperkuat sistem imun tubuh? makan makanan sehat dan bergizi seimbang merupakan salah satunya. Cara lainnya, bisa Anda konsultasikan dengan pakar kesehatan di Halodoc tanpa Anda perlu keluar rumah untuk melakukan konsultasi kesehatan.

Related posts