Makan Menjadi Nikmat dengan Nasi Liwet

  • Whatsapp
Nasi Liwet

Di antara kita biasanya kita sering kali mengadakan acara makan makan untuk acara reuni kelas kita, acara kantor kita, acara syukuran ulang tahun, ataupun acara syukuran jadian dengan pacar kita, sering kali kita rayakan dengan makan makan bersama teman teman kita.

Tapi makan makan apa yang sekiranya memiliki kesan berbeda dan tetap mempunyai rasa yang nikmat? Tidak lain dan tidak bukan yaitu dengan menggunakan tema tradisional yaitu dengan makan nasi liwet, walau terkesan kampungan tapi memiliki rasa seperti di restoran. Yaitu dengan pesan nasi liwet pada royaltumpeng.com. Nah kali ini saya akan membahas jenis jenis nasi liwet yang nikmat dan juga mewah, tapi sebelum kita bahas jenis jenis nasi tumpeng, lebih baik kita kenali dulu nasi tumpeng itu.

Nasi liwet adalah makan tradisional masyarakat Indonesia yang telah lama hadir di kehidupan masyarakat Indonesia, memasak dengan cara liwet ini adalah cara memasak yang sebenarnya sudah di lakukan pada zaman nenek moyang kita, menurut Murdijati Gardjito, seorang ahli gastronomi yang juga sebagai peneliti di pusat studi pangan dan gizi universitas Gadjah Mada, memasak nasi dengan cara liwet adalah salah satu cara memasak yang di lakukan orang Indonesia dari dulu yang sudah terkenal.

Lalu apa itu nasi liwet? Nasi liwet dalam bahasa Jawa yaitu sega liwet, dan nasi liwet adalah nasi yang mempunyai cita rasa gurih hampir mirip dengan nasi uduk yang membedakan yaitu cara memasaknya yaitu dengan cara liwet, biasanya di sajikan dengan sayur labu siam, suwiran daging ayam dan juga areh atau semacam bubur gurih dari kelapa.

  1. Nasi liwet sunda, nasi yang gurih dan nikmat yang di lengkapi dengan ayam goreng, ikan kembung goreng, oseng kacang panjang teri, tempe goreng, tahu goreng, sambal terasi, kerupuk dan juga lalapan seperti salad dan juga timun.
  • Untuk 20 porsi dengan harga 1.000.000
  • Untuk 25 porsi dengan harga 1.250.000
  • Untuk 30 porsi dengan harga 1.500.000
  • Untuk 35 porsi dengan harga 1.750.000
  • Untuk 40 porsi dengan harga 2.000.000
  • Untuk 45 porsi dengan harga 2.250.000
  • Untuk 50 porsi dengan harga 2.500.000

Harga ini sudah termasuk, bakul nasi, alas daun pisang, kertas alas, sarung tangan plastik, tempat sambal, centong nasi, wadah oseng kacang panjang, dan juga sendok sambal.

  1. Nasi liwe tradisonal, nasi liwet ini di sajikan dengan bentuk tumpeng seperti gung, di sajikan bersama ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng, sambal terasi, tomat, dan juga lalapan seperti salad dan lainnya.
  2. Nasi liwer teri, nasi liwet ini di sajikan dengan ikan teri goreng sehinga memiliki cita rasa yang berbeda dari nasi liwet lainnya, biasanya nasi liwet ini di sajikan dengan teri goreng, timun, tomat, ayam goreng, sambal, gorengan bawang, dan juga lalapan, di taruh pada wadah yang mempunyai alas daun pisang.
  3. Nasi liwet solo, adalah nasi liwet yang paling terkenal, nasi liwet ini di sajikan bersama suwiran ayam goreng, telur ayam rebus, kerupuk dan juga sambal dan lain lainnya.
  4. Dan yang terakhir adalah nasi liwet cumi asin, nasi yang di sajikan dengan dengan cumi asin, oreg, tahu goreng dan juga sambal membuat nasi liwet ini di gemari banyak orang, karena cita rasanya yang sedikit asin.

Nah itulah beberapa contoh nasi liwet yang patut Anda coba,  dan jangan lupa pesan nasi liwetnya di royaltumpeng.com.

Related posts