Perbedaan Nasi Tumpeng Jakarta dengan nasi tumpeng yang ada di daerah lain adalah tentunya rasa dan banyak fariasinya ya gaes. Nasi tumpeng Jakarta lebih dominan ke adat betawi dari segi rasa dan bentuk hiasannya gaess. Karena namanya juga nasi tumpeng Jakarta yakan.

Kini tumpeng banyak sekali orang yang bisa membuatnya bahkan banyak juga pejual tumpeng di online gaes. Dan sekarang tumpeng tidak hanya untuk acara sakral saja , acara ulang tahun dan lain lain juga banyak. Padahal sejarahnya sih gak begitu yakan.

Sejarah nasi tumpeng di Indonesia

Tumpeng adalah nasi yang di sajikan dengan bentuk krucut yang di tata dengan lauknya seindah/serapih mungkin. Nasi tumpeng biasanya berupa nasi kuning kadang ada juga yang menggunakan nasi putih atau nasi uduk

Kala itu masyarakat di pulau jawa, Bali dan Madura memiliki bebiasaan membuat tumpeng untuk merayakan suatu acara penting atau yang biasa di sebut dengan kenduri, misalnya acara kelahira anak, panen padi dan lain sebagainya. Tapi sekarang banyak rakyat Indonesia yang mengenal tumpeng. Tumpeng berkaitan erat dengan kondisi geografis Indonesia, terutama Jawa yang banyak terletak gunung gunung. Tumpeng berasal dari orang orang dulu yang memuliakan gunung sebagai tempat bersemayamnya para leluhur mereka.

Awalnya tumpeng berbentuk krucut yaitu adanya pengaruh dari kebudayaan hindu yang bermaksud nasi krucut itu untuk meniru bentuk gunung tempat bersemayamnya dewa-dewi.

Saat Agama Islam masuk ke pulau jawa tradisi tumpeng tetap ada dan tidak rubah karena tumpeng adalah warisan dari leluhur. Tapi Islam merubah filosofinya, yang menganggap tumpeng adalah pesan leluhur mengenai permohonan kepada yang maha kuasa. Lalu tumpeng sering di sajikan dalam pengajian al-quran

Akhirnya tumpeng jadi bagian penting dalam setiap perayaan kenduri tradisional. Kenduri adalah bentuk rasa syukur dan terima kasih  terhadap yang Maha kuasa atas melimpahnya hasil panen dan berkah lainya. Hingga kini tumpeng di jadikan kuen ulang  tahun dalam perayaan pesta ulang tahun.

Berikut ini jenis jenis tumpeng yang harus kamu tahu

  1. Tumpeng nujuh bulan. tumpeng ini di sajikan saat acara syukuran kehamilan tujuh bulan.
  2. Tumpeng rombyong. tumpeng ini biasanya di sajikan saat upacara siraman dalam pernikahan adat jawa.
  3. Tumpeng putih. warana putih dari tumpeng ini menggambarkan kesucian bagi adat jawa
  4. Tumpeng nasi uduk. Tumpeng nasi uduk di sebut juga dengan tumpeng tasyakuran. yang biasanya di sajikan dalam acara maulud Nabi , Isra mi’raj dan lain lain.
  5. Dan lain lain.

Lauk pauk yang ada dalam tumpeng.

Sebenarnya lauk dalam tumpeng itu sesuai selera kita. Tapi berikut ini adalah lauk yang biasanya ada dalam tumpeng:

  1. Perkedel
  2. Telur goreng
  3. Parutan kelapa yang sudah matang
  4. Sisiran timun
  5. Tempe, orek/tahu
  6. Ayam goreng
  7. Sayur urap

Sebenarnya lauk yang ada di tumpeng memiliki artinya masing lo gaes, misalnya, telur yang artinya keutuhan dan kerukunan, tahu atau tempe yang artinya keuletan atau keseriusan seseorang dan lain lain.

Demikian artikel yang saya tulis mengenai tumpeng Jakarta semoga kalian dapat ilmu dari artikel ini dan semoga bermanfaat bagi kalian. Mohon maaf apa bila ada kesalahan dalam penulisan dan lain lainya ya gaes.