Pengobatan Terhadap Gejala Mual dan Muntah pada Anak

  • Whatsapp
Pengobatan Terhadap Gejala Mual dan Muntah pada Anak

Ketika anak Anda mengalami mual dan muntah, sebaiknya Anda harus bersiap diri dengan menyediakan obat mual muntah yang aman buat anak. Obat-obatan terbaik bisa Anda peroleh melalui website https://www.goapotik.com/. Di laman tersebut Anda bisa memperoleh berbagai pilihan obat berdasarkan usia buah hati.

Jika Anda belum sempat mengunjungi laman tersebut atau menyediakan obat mual dan muntah terbaik, sebaiknya Anda mempunyai alternatif penyembuhan yang sederhana. Di bawah ini ada beberapa tips perawatan di rumah yang membantu meringankan hingga menyembuhkan mual dan muntah pada anak.

  • Menunda Makanan Padat

Sebaiknya Anda menunda makanan padat selama enam jam sesudah anak mengalami muntah. Selanjutnya, Anda bisa mengganti makanan padat dengan makanan yang mudah dicerna. Jika selama enam jam anak sudah tidak muntah, Anda bisa memberikan nasi, sereal, dan makanan yang tinggi protein, berkarbohidrat, namun tetap menghindari jenis makanan berlemak dan pedas.

  • Hidrasi

Hidrasi merupakan langkah yang paling penting dilakukan karena muntah mengeluarkan banyak cairan dan Anda harus memulihkan kondisi anak. Sesudah anak muntah, tunggu 30 hingga 60 menit sebelum Anda memberikan makanan. Sesudah perut mempunyai waktu beristirahat, berikanlah cairan sesendok secara bertahap. Kalau anak masih ingin muntah, beri jeda dan tunggu beberapa menit.

  • Menghindari Bau

Ketika anak mengalami mual dan muntah, sebaiknya hindari bau-bauan kuat, seperti asap, parfum, dan sebagainya. Selain itu, lampu berkedip, ruangan pengap, dan naik kendaraan bisa memicu rasa mual dan muntah kelanjutan.

  • Antasida

Jika keluhan muntah disertai nyeri perut sebelah kiri bagian atas (ulu hati), maka Anda harus mengatasinya dengan menggunakan antasida. Zat di dalam antasida bisa berguna untuk menetralkan asam lambung pada anak.

  • Parasetamol

Obat ini bisa digunakan ketika anak Anda mengalami sakit perut, atau gejala mual. Namun, jika anak memiliki gangguan hati sebaiknya tidak digunakan.

  • Bufantacid Sirup

Obat ini berguna untuk mengurangi gejala yang berkaitan dengan asam lambung, seperti mual, muntah, dan kembung.

Itulah cara menangani gejala mual dan muntah pada anak. Semoga dengan enam poin di atas bisa memberikan alternatif penyembuhan terhadap buah hati.

Related posts