Bisa dibilang, genset sudah menjadi salah satu perangkat wajib yang harus dimiliki oleh perusahaan. Bahkan, untuk industri skala menengah kebawah pun sudah memiliki genset untuk menunjang kegiatan operasionalnya. Pentingnya genset menjadikan perusahaan harus waspada terhadap dampak pemutusan aliran listrik secara tiba-tiba. Sebab, segala urusan pekerjaan bisa kacau jika pasokan listrik berhenti. Nah, bagi Anda yang sedang mencari referensi sewa genset terpercaya, disini tempatnya, https://sewatama.com/id/.

Mengapa harus di Sewatama? Sebab, selain menyediakan jasa sewa genset, perusahaan ini juga menawarkan layanan kelistrikan lainnya seperti konsultasi, perawatan pembangkit tenaga listrik, hingga membantu memanfaatkan sumber daya sekitar untuk memproduksi energi listrik. Namun, sebelum sewa genset di Sewatama, perhatikan beberapa pertimbangannya berikut ini.

Pertama, hitung berapa kapasitas energi listrik yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda tiap harinya. Hal ini penting guna memperkirakan berapa kapasitas genset yang digunakan. Ingat, untuk perhitungan kapasitas genset ini tidak 100% efisien. Pada umumnya, efisien genset sebesar 80% dengan rumus kW sama dengan kVA x power factor atu kVA sama dengan kW/  power factor.

Setelah itu, pertimbangan selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah akses lokasi industri atau perusahaan. Ketahuilah, lokasi yang sulit dijangkau oleh listrik konvensional biasanya memerlukan kapasitas genset yang lebih besar sebagai sumber listrik utama. Disamping itu, akses jalan menuju lokasi juga turut menentukan dimensi genset yang akan digunakan. Jadi, pertimbangan lokasi industri akan cukup menentukan jenis genset.

Faktor terakhir pertimbangan genset untuk perusahaan adalah analisa kebutuhannya. Perlu Anda tahu, nyatanya tidak semua industri memerlukan genset cangan atau back energi dari aliran listrik utama. Pada industri di lokasi terpencil seperti pengeboran minyak offshore, genset digunakan sebagai pemasok utama energi listrik. Jadi, sudah pasti keberadaan genset ini sangat berpengaruh penting.

Begitupula kapasitas yang dipilih akan lebih besar dari kebutuhan. Ingat kembali efisien genset yang hanya 80%.  Ditambah lagi, penggunaan genset tidak boleh digunakan lebih dari 30 menit dalam kapasitas maksimum. Lebih jelasnya terkait cara pengoperasian yang benar, sila konsultasi dengan Sewatama.