Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan Saat Bayi Tersedak Menurut SehatQ

  • Whatsapp
Bayi Tersedak

Tersedak dapat terjadi kapan saja jika ada sebuah benda asing, cairan, hingga makanan yang menghambat saluran untuk aliran pernapasan di tenggorokan. Untuk mencegah efek fatal, maka diperlukan pertolongan pertama untuk mengatasinya. Meskipun orang dewasa sering mengalaminya, tetapi tidak sedikit pula kasus bayi yang mengalami tersedak makanan.

Anak-anak atau bayi yang masih dalam masa pertumbuhan biasanya sangat aktif dan sering memasukan benda asing ke dalam mulut mereka, hal inilah yang menjadi penyebab tersedak tiba-tiba. Meskipun tersedak bukan penyakit parah, tetapi masalah ini harus diperhatikan dengan serius karena dapat mengganggu kesehatan si kecil.

Untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri bayi yang tersedak, Anda dapat menyimak informasi di bawah ini.

  • Bayi terlihat tidak dapat bernapas
  • Bayi tidak mengeluarkan suara apapun, menangis, ataupun berbicara
  • Wajah bayi terlihat membiru
  • Bayi akan memegang lehernya
  • Lemas
  • Pingsan

Beberapa ciri bayi tersedak di atas harus Anda pahami dengan betul. Sebagai orang tua Anda harus memberikan pengawasan penuh agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.  Nah untuk mengetahui bagaimana pertolongan pertama tersedak saat minum air putih yang dialami si kecil,  Anda harus menyimak informasi di bawah ini.

Langkah-Langkah untuk Menolong Bayi yang Tersedak Menurut SehatQ

Informasi mengenai bagaimana penanganan pertama untuk bayi yang tersedak yang di bawah ini adalah rekomendasi dari SehatQ yang sudah berpengalaman dalam memberikan tips mengenai kesehatan. Dan berikut ini adalah ulasannya.

  • Pukulan Punggung

Penyakit yang disebabkan dari tersedak akan sangat parah jika tidak diatasi dengan pertolongan pertama. Oleh karena itu, saat Anda menyadari si kecil tersedak, lakukanlah pertolongan pertama berupa pukulan punggung. Arahkan si kecil untuk menghadap ke bawah sepanjang paha dan pastikan kepala lebih rendah daripada bokong. Setelah itu, pukul punggung si kecil terutama di bagian bilah bahu sebanyak lima kali.

  • Tekanan Dada

Jika cara mengatasi sesak nafas karena tersedak di atas tidak menghilangkan penyumbatan, maka Anda harus melakukan cara kedua ini yaitu tekanan dada. Balikan tubuh si kecil menghadap ke atas, lalu letakkan dua jari tengah di bawah puting dan lakukan dorongan yang tajam ke bawah sebanyak lima kali. Hal ini bertujuan untuk menekankan udara dari dada agar naik ke saluran kerongkongan dan mengeluarkan benda yang menutup jalan pernapasan si kecil.

  • Jangan Panik

Jika setelah melakukan kedua cara di atas si kecil tetap tidak dapat mengeluarkan benda yang menyebabkan tersedak, pastikan Anda jangan panik. Anda harus tetap tenang untuk memikirkan cara selanjutnya yang dapat membantu sang buah hati. Untuk itu, Anda dapat mengikut cara berikut ini.

  • Hubungi Pusat Kesehatan Terdekat

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan saat si kecil tersedak adalah menghubungi pusat kesehatan terdekat, bahkan jika memungkinkan Anda dapat membawa si kecil ke UGD. Dengan mendapatkan perawatan khusus dari pusat kesehatan, hal ini akan membantu si kecil mengeluarkan benda yang masuk ke dalam tenggorokan.

Selain keempat cara pertolongan pertama untuk mengatasi penyakit tersedak di atas, Anda harus memperhatikan beberapa hal saat mengeluarkan benda dari tenggorokan si kecil. Yang pertama adalah pastikan Anda tidak memasukan jari ke tenggorokan si kecil karena hal ini akan membuat benda tersebut semakin masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, Anda juga harus membiarkan si kecil batuk agar mendorong benda yang menyangkut di dalam tubuh keluar dengan sendirinya. Setelah mengetahui berbagai upaya untuk mengatasi tersedak yang dialami si kecil, apakah membantu Anda?

Related posts