Waspada! Ini Dia yang Jadi Penyebab Terjadinya Kanker Darah

  • Whatsapp
Waspada! Ini Dia yang Jadi Penyebab Terjadinya Kanker Darah

Penyebab terjadinya kanker darah tentunya sangat beragam. Kanker darah adalah salah satu dari berbagai macam kanker yang menyerang tubuh dan sangat membahayakan. Biasanya, kanker darah ini disebut sebagai leukemia. Atau sebuah kondisi di mana produksi sel darah merah sangat sedikit dan sel darah putih mendominasi sumsum tulang belakang dan tubuh.

Biasanya, sel darah putih akan melawan antigen asing penyebab infeksi. Namun saat kanker darah menyerang, sel darah putih tidak bisa melakukan perlawanan apapun dan bisa memengaruhi pengaruh kerja organ. Kejadian ini tentunya terjadi bukan tanpa sebab. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa penyabab yang bisa memicu kanker darah pada tubuh dan kadang tidak disadari.

Kebiasaan Merokok

Seringkali tidak disadari oleh kebanyakan masyarakat, rupanya merokok punya pengaruh yang sangat membahayakan tubuh. Biasanya, merokok sering dikaitkan dengan penyakit yang berhubungan paru-paru, tenggorokan atau mulut. Namun rupanya, asap rokok dan beberapa senyawa yang terkandung di dalamnya bisa menjadi penyebab terjadinya kanker darah.

Pasalnya, asap atau senyawa yang berbahaya tersebut bisa masuk ke dalam aliran darah. Ketika itu sudah masuk dalam aliran darah, tentu akan menyebar ke seluruh tubuh. Jika dibiarkan, bisa memicu abnormalitas produksi darah yang bisa memicu kanker.

Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan ternyata bisa menjadi pemicu berbagai masalah atau penyakit dalam tubuh. Baik itu dari masalah jantung, atau diabetes. Namun ternyata, orang yang punya kelebihan berat badan bisa memiliki faktor risiko terkena leukemia lebih tinggi. Pasalnya, orang yang punya berat badan berlebihan lebih rentan terkena beberapa gangguan atau masalah.

Apalagi, obesitas pun bisa terjadi karena kandungan gula darah yang tinggi dan produksi sel darah putih berlebihan saat terkena infeksi. Jika hal tersebut dibiarkan, produksi darah merah bisa berkurang dan menjadi gejala awal atau penyebab terjadinya kanker darah.

Paparan Radiasi

Faktor pemicu seseorang bisa terkena kanker darah adalah adanya paparan sinar radiasi. Seperti yang diketahui, kebanyakan masyarakat seringkali melakukan serangkaian anamnesis kesehatan seperti rontgen, CT Scann, atau hal-hal lainnya yang berkaitan dengan radiologi. Dari segi fungsi, radiologi bisa bermanfaat dalam mengindentifikasi masalah yang ada dalam tubuh.

Namun siapa sangka, paparan sinar radiasi bisa menjadi penyebab terjadinya kanker darah. Hal ini dikarenakan sinar radiasi yang masuk ke dalam tubuh bisa memicu pertumbuhan sel abnormal. Begitu pun dengan keabnormalitasan sel darah di dalam sumsum tulang.

Kelainan Genetik dan Keturunan

Adapun penyebab lain yang bisa memicu seseorang terkena kanker darah adalah adanya kelainan genetik maupun faktor keturunan. Kelainan genetik bisa sangat mempengaruhi bagaimana kesehatan atau kondisi medis seseorang. Misalnya saja ketika seorang anak yang terlahir tidak sempurna, atau anak dari ibunya yang sering mengalami kegugurun. Potensi risiko terkenanya akan lebih tinggi.

Tak hanya itu, faktor keturunan pun bisa menjadi penyebab terjadinya kanker darah pada seseorang. Ketika seseorang mempunyai riwayat keluarga yang terkena leukemia, bisa 2-4 kali lipat berpotensi terkena penyakit yang sama. Begitu pun ketika salah satu dari saudara kembar terkena kanker darah, maka saudara kembarnya pun bisa berpotensi mengidap penyakit yang sama.

Selain beberapa penyebab tersebut, kanker darah pun bisa berpotensi terkena pada orang-orang yang sering bekerja di pabrik-pabrik dengan banyaknya paparan bahan kimia. Banyak bahan kimia yang bisa mengakibatkan masalah pada tubuh salah satunya kelainan darah ini. Begitu pun ketika bahan kimia tersebut terhirup atau termakan, maka pengaruhnya bisa semakin besar. Hal itu membuktikan bahwa banyak sekali penyebab terjadinya kanker darah yang rupanya sangat membahayakan namun banyak tidak disadari masyarakat.

Related posts